FAKTA MENARIK DAN TERSEMBUNYI TENTANG MENARA EIFFEL

17.26 Unknown 0 Comments


Jika mendengar nama menara Eiffel atau Eiffel Tower memang tidak lepas sebutannya sebagai ikon kota dari Paris, Prancis. Tetapi siapa sangka ternyata menara Eiffel yang ikonik tersebut memiliki beberapa fakta yang mengejutkan. Kontroversi yang ditentang hampir seluruh warga Prancis, lalu pembangunan yang menelan biaya tidak sedikit, bahkan ditentang karena desainnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan ciri khas kota Prancis.
Apa saja faktanya?

Gustav Eiffel bukan yang memikirkan ide pertama menara Eiffel

Eiffel Tower Old Skool
Jika kalian melihat disejarah-sejarah, pasti nama Gustav Eiffel selalu hadir didalamnya. Bahkan di menara Eiffel sana, ada patung Gustav Eiffel terpahat disana. Sebenarnya, ide menara Eiffel ini datang dari Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Bahkan ketika Gustav Eiffel menerima ide dari menara Eiffel dia tidak tertarik dan menyuruh arsitek lain Stephen Sauvestre untuk mengurus semuanya.
Lalu kenapa Gustav Eiffel terkenal? Dia yang mengurus bagian akhir menara Eiffel dan mengurus hak paten.

Menara Eiffel dalam angka

4
Ada 300 pekerja, 18.038 potongan besi, 2.5 juta paku, beratnya 10 ribu ton dan  tingginya adalah 300 meter.

Saat pertama kali dibuka, lift menara Eiffel belum berjalan

5
Pada saat pertama kali dibuka pada 6 Mei 1889, ternyata lift di menara Eiffel belum berfungsi. Jadi orang yang ingin naik ke lantai paling atas harus bersiap menaikki anak tangga sebanyak 1,710. Dari 6 Mei sampai 26 Mei, ada 30 ribu orang mengunjungi menara Eiffel tanpa menggunakan lift.

Orang Paris tidak menyukai menara Eiffel


6
Media dan para seniman di Prancis sangat tidak setuju dengan pembangunan menara Eiffel. Pertama karena tidak cocok dengan kota Paris, kedua karena merusak pemandangan. Bahkan ada novelis bernama Guy de Maupassant sangat membenci menara Eiffel tetapi ternyata dia malah makan di salah satu restoran di menara Eiffel tersebut. Alasannya? Karena disitulah satu-satunya tempat dia tidak bisa melihat menara Eiffel.

Tingginya setiap tahun berubah


Karena dibuat menggunakan besi, menara Eiffel setiap tahun berubah. Pada musim kemarau, besinya memuai sampai strukturnya naik 6 inch.

Harusnya umur menara Eiffel itu cuma 20 tahun


Setelah diresmikan pada tahun 1889, menara Eiffel didaftarkan ke pemerintah dan militer untuk berizin sampai 20 tahun. Dan pada tahun 1909 adalah masa tenggang dari menara Eiffel. Ternyata, menara Eiffel sangat menguntungkan dalam sektor pemancar radio dan telekomunikasi. Jadi pemerintah Prancis setuju meneruskannya.

Perang dunia ke 2, warga Prancis memotong kabel lift menara Eiffel agar tidak dijajah


Prancis pada perang dunia ke 2 tempatnya sangat kurang strategis, diapit antara Inggris dan Jerman yang sedang berperang. Prancis pun jatuh ke tangan Jerman. Ketika itu warga Prancis berbondong-bondong untuk memotong kabel lift di menara Eiffel agar tidak jatuh ketangan penjajah. Bahkan konon Adolf Hitler pun harus menaiki tangga secara manual untuk mencapai pucuk menara Eiffel.

Setiap 7 tahun ada 50 sampai 60 ton kantong cat untuk memberi “warna” para menara Eiffel


Karena semuanya terdiri dari besi dan rawan karat, pemerintah Prancis memberikan cat sampai 60 ton selama 7 tahun agar menara Eiffel tetap tegak berdiri.

Menara Eiffel adalah monumen yang paling banyak dikunjungi diseluruh dunia


Ada 7 juta yang menaiki menara Eiffel setiap tahunnya dan itu merupakan angka tertinggi dari seluruh monumen yang ada diseluruh dunia.

0 komentar: