SMA atau SMK?

06.26 Unknown 0 Comments

SMA atau SMK?

Bingung Pilih SMA atau SMK?Memilih SMA atau SMK terkadang membuat bingung siswa yang telah lulus kelas 9 SMP. Terlebih, keduanya memiliki kelebihan/keunggulannya masing-masing. Di SMA berorientasikan Teori, sedangkan itu di SMK berorientasikan Praktik. Jadi, pilih yang mana diantara keduanya? Yuk cari tahu!

1. Berdasarkan Teori/IlmuSMAUntuk SMA, memang yang paling ditekankan adalah pada teori yang di mana siswanya siap lulus dengan hasil memuaskan. Selain itu, SMA juga wajib hukumnya untuk menambah pengetahuan mengenai pelajaran yang mereka tempuh. Sehingga, tidak heran pula jika siswanya memberikan kelulusan dengan nilai yang maksimal.
SMKSedangkan itu untuk SMK, yang paling ditekankan di sana adalah mengenai Praktik yang di mana siswanya jika lulus harus bisa kerja, itulah semboyan SMK yang siap kerja. Di dalam teori, sebenarnya SMK tidak kalah jauh dengan SMA. Materi/ilmu di SMK sama dengan SMA. Akan tetapi, untuk SMK hanya dasar-dasarnya saja dan tidak mendalam seperti materi SMA.
Kesimpulan : Untuk masalah teori atau ilmu yang dimiliki lebih bagus SMA ketimbang SMK. Namun jangan lupa, di SMK juga ada Mata Pelajarannya seperti di SMA.2. Berdasarkan kemampuan PraktikSMASMA memang ditekankan untuk hal teori, sementara itu praktik kadang terbengkalai. Sehingga, jika semisal SMA kerja, tentu kepiawaiannya dalam bekerja akan kalah jauh dibandingkan dengan SMK. Keterampilan yang dihasilkan siswa SMA memang cenderung sedikit dibandingkan dengan Siswa SMK
SMK
Sebaliknya dengan SMA, SMK lebih siap dan mapan untuk kerja. Jadi, kualitas lulusan SMK di bidang pekerjaan akan sangat dihargai karena mereka berhasil mengasah keterampilan mereka yang di mana keterampilan tersebut akan disalurkan langsung melalui Pekerjaan sesuai jurusannya masing-masing. Jadi, dalam hal kemampuan/praktik, siswa SMK lebih baik ketimbang dengan siswa SMA yang cenderung belum memiliki pengalaman sama sekali dalam dunia kerja.
Kesimpulan : Untuk praktik atau keahlian/kemampuan jauh lebih baik untuk SMK, karena mereka memiliki pengalaman kerja yang bagus dan praktik yang bagus pula. Sementara itu, SMA mungkin hanya bisa mengikuti kegiatan Ekstra untuk menyalurkan hobinya.
3. Kuliah/Kerja?
SMA
Jika setelah usai menempuh ilmu di SMA, siswanya dapat menentukan jalannya masing-masing antara kuliah atau kerja. Namun, SMA seharusnya lebih baik kuliah agar mendapat predikat yang baik alias statusnya. Akan tetapi, SMA juga bisa langsung kerja, namun kelihatannya tidak cukup menjanjikan apabila mereka lulus langsung bekerja.
SMK
Siswa SMK yang telah lulus dalam belajarnya di SMK, dapat memilih kuliah atau kerja. Lho, SMK bisa kuliah? Tentu bisa. Namun, untuk pilihan kuliah, terbatas. Maksudnya, hanya bisa kuliah di jurusan yang ditekuni di semasa SMK. Jadi tidak bisa kuliah jurusan lain dong? Bisa sih, tapi kemungkinan besar akan susah di sananya nanti. Tidak dipungkiri, jika lulus SMK juga bisa lebih tepatnya untuk bekerja.
Kesimpulan : Untuk SMA lebih penekanannya ke dalam kuliah untuk melanjutkan walau sebenarnya juga bisa kerja. Sedangkan SMK lebih ditekankan untuk bekerja, walau juga bisa sebenarnya kuliah.


0 komentar: